Laman

Thursday 12 January 2012

Rossi Optimis Dominasi Podium MotoGP 2012

Rossi Optimis Dominasi Podium MotoGP 2012

OPINI | 12 January 2012 | 15:00
MotoGP 2011 benar-benar tidak memberikan kesempatan naik podium kepada biker Tim Ducati, Valentino Rossi dan Nicky Hayden. Mereka terseok-seok diantara kehebatan riders Tim Yamaha dan Respsol Honda. Meskipun demikian, ternyata mereka masih sempat dua kali naik podium, itupun pada posisi ketiga.
Bagi kita yang sering menonton biker itu bertarung pada sejumlah sirkuit, Rossi maupun Hayden kelihatan tidak berdaya mendahului biker dari tim lain. Pernah posisi Rossi sudah berada di depan, toh pada akhirnya bisa didahului oleh biker dari Tim Yamaha maupun Repsol Honda. Kita yang awam tentang mesin dapat melihat bahwa motor Ducati memiliki masalah.
Terbukti memang, motor Ducati memiliki masalah serius. Hal itulah yang sering dikeluhkan oleh Rossi maupun Hayden. Mereka mengaku bermasalah tentang rasa pada front-end serta kesulitan mengendalikan motor Ducati. Dengan demikian, pantaslah jika mantan juara dunia MotoGP itu tidak berdaya di hampir semua sirkuit. Wajar jika musim 2011 yang lalu mereka miskin prestasi.
Keluhan dua biker handal itu langsung mendapat respon dari teknisi Tim Ducati. Nampak mereka segera melakukan perubahan radikal terhadap motor Ducati. Sudut-V Ducati versi modifikasi sudah diperpendek untuk membantu sentralisasi massa dan distribusi berat. Rossi akan menguji kehebatan mesin baru motor Ducati versi modifikasi itu di sirkuit Sepang Malaysia pada tanggal 31 Januari 2012.
Moga kita sempat menyaksikan kehebatan Rossi di musim 2012 ini. Sebab, MotoGP tanpa Valentino Rossi ibarat gulai sayur tanpa garam, hambar. Oleh karena itu, penampilan perdananya di sirkuit Sepang Malaysia jangan sampai terlewatkan. Mudah-mudahan Rossi tidak trauma dengan sirkuit Sepang Malaysia yang telah merenggut nyawa temannya, biker pemberani bertalenta unik, Marco Simoncelli.
Setelah sekian bulan kehilangan tontonan pemacu adrenalin itu, para penggemar MotoGP menunggu pembuktian Rossi. Selama ini dia beralasan motornya bermasalah sehingga miskin prestasi. Kini, motor Ducati telah dimodifikasi sesuai saran Rossi dan Hayden. Mampukah mereka merajai podium MotoGP 2012?
Berhasilkah Rossi dan Hayden merajai podium di setiap sirkuit pada MotoGP 2012 ini? Kalau melihat keterampilan Valentino Rossi maupun Nicky Hayden melaju di jalur balapan saat menunggangi motor yang lain, siapapun tidak pernah meragukan talentanya.
Namun, saat dia menunggangi Ducati, kok prestasinya terus melorot. Ini membuktikan keandalan sepeda motor yang ditunggangi seorang biker sangat menentukan kemenangan sebuah pertandingan.
Dengan kehebatan mesin baru motor Ducati serta beberapa modifikasi, publik yakin bahwa Rossi akan kembali kepada performa aslinya. Malaysia menjadi momentum pembuktian bagi Rossi. Di sirkuit Sepang Malaysia, nampaknya Ducati ingin menunjukkan kepada dunia bahwa teknologi mereka adalah yang terunggul di dunia.

No comments:

Post a Comment